BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 07 November 2009

DATA : D ku hilang ,gimana nih ?

Trik ini berlaku apabila anda hobi utak-atik partisi, install sistem Windows, Linux..tapi tiba-tiba kecelakaan terjadi, partisi di hardisk anda hilang!! mungkin anda terlalu ceroboh, tidak hati-hati menggunakan program fdisk atau cfdisk.

Kalau ini memang terjadi, tidak perlu panik, tarik nafas yang dalam. INGAT!!Apabila partisi anda hilang, dan didalamnya berisi data-data penting, jangan terburu-buru melakukan aksi format ulang!apalagi ‘deep format’!sama sekali tidak saya sarankan. Partisi memang baru, tapi yang jelas data-data penting hilang tidak berbekas.

Kalau datanya hanya lagu-lagu atau pilem doang gak papa, tapi gimana kalau data skripsi, tugas akhir, paper yang harus dikumpulin besok, foto pacar, foto selingkuhan, foto pacarnya temen (hehe..becanda..) yang hilang, pasti bikin pusing bin stress..

Sebelum melakukan aksi brutal Format ulang, saya sangat menyarankan melakukan recovery partisi atau recovery data.

Banyak software-software recovery gratis yang dapat digunakan. Salah satunya Test Disk 4.5 (http://www.cgsecurity.org), buatan mas Cristopher Grenier.
Cara menggunakan Test Disk 4.5;

1. Download softwarenya di situs http://www.cgsecurity.org
2. Kalau malas download, silahkan hubungi penulis
3. Software tersebut bersifat bootable, simpan di Floppy, hari geneee pake Floppy?!! kalau ngga’ silahkan di bakar dalam bentuk CD-bootable, atau simpan di USB-stick agar bisa booting melalui USB-stick anda
4. Tampilan program adalah text-based, jadi jangan pernah berharap menggunakan mouse!
5. Setelah booting, pada layar ada pilihan harddisk yang akan kita recover (partisinya di balikin)
6. Pilih dan tekan enter [Analyse]
8. Selanjutnya pilih menu [Search], lalu enter
9. Program akan mencari partisi yang hilang
10.Whulaa! partisi yang hilang pasti akan muncul kembali
11.Tekan enter
12.Selanjutnya pilih opsi [Write]
13.Muncul konfirmasi [Y/N]
14.Ketik Y
15.Quit
16.Berdoa

Selesai berdoa, silahkan booting ulang komputer anda, silahkan masuk ke sistem (Linux or Windows). Kalau anda beruntung, saya yakin partisi yang hilang, beserta data-datanya akan muncul kembali. Kalau belum muncul juga, lakukan [deep searh] pada langkah ke-8.
atau pake cara yang seperti ini :

Partition Find and Mount merupakan software utiliti yang memungkinkan kita dapat me-recovery partisi yant telah terhapus. Yang special dari software ini adalah kemampuannya yang dapat mounting partisi yang hilang pada sistem, dan sistem menerima partisi tersebuat dengan baik.

Software ini dapat membuat dan mount imange dari harddisk atau

File Sistem yang didukung software ini antara lain : seluruh versi NTFS, FAT12 (disket), FAT16, FAT32

License: Freeware
Author: Atola Technology
Sistem Operasi : MS Windows 2000/2003/XP


atau seperti ini :
Setelah beberapa minggu tidak membicarakan Komputer, kali ini saya menulis lagi posting tentang komputerisasi. Disini saya ingin memberikan tips tentang bagaimana mengembalikan data dalam harddisk yang hilang karena virus menyerang partisi hardisk. Saya sempet mengalami masalah ini saat membetulkan komputer temen saya. Mau dibalikin gimana? Partisi harddisknya saja hilang. Tetep tenang, stay cool, berfikir. Dapat dah..hehehe, begini:

Pada dasarnya data yang tersimpan dalam harddisk memang sangatlah rentan. Kita tidak bisa memprediksi atau selalu menyimpulkan seaman apa data kita disana, apalagi saat ini akses internet sudah menjadi suatu kebutuhan, dan akhirnya, penyebaran virus komputerpun menjadi lebih mudah. Nah beginilah yang terjadi jika komputer tidak dilengkapi antivirus yang up to date, yang selalu up to date saja masih bisa kena, apalagi yang tidak. Bila virus yang nyasar ke komputer anda terlanjur menghapus partisi harddisk bisa dipastikan semua data yang ada dalam harddisk akan menghilang.

Bagaimana cara mengembalikan data-data penting tersebut?

* Sebelumnya kita siapkan dulu beberapa tool, seperti partition magic untuk membuat partisi serta utility recovery, saya ambil contoh Easyrocovery Profesional dari Ontrack atau Phoenix stellar.

* Pastikan keberadaan harddisk yang hilang partisinya lewat BIOS. Bila telah terdeteksi, jalankan komputer seperti biasa.

* Install dulu software partition magic kemudian jalankan. Software ini digunakan untuk membuat partisi baru karena pada dasarnya harddisk yang hilang partisinya akibat virus harus dibuatkan partisi baru agar windows bisa mengenali.

* Setelah menjalankan partition magic, buat partisi, format harddisk tadi dengan sesuai sistem yang sebelumnya (misal NTFS atau FAT32). Perlu diketahui juga harddisk yang partisinya hilang, maka sistem biasanya mendeteksi harddisk belum terformat, jadi saat anda membuat satu partisi, secara otomatis hardisk tadi akan terformat juga.

* Buka explore pastikan keberadaan harddisk atau partisi yang baru tadi. Pasti kosong, hehe namanya juga baru diformat.

* Selanjutnya instal dan jalankan aplikasi recovery, contoh disini menggunakan easyrecovery pro dari ontrack.

* Klik data recovery terus pilih format recovery, dan klik harddisk yang baru di format tadi.

* Sabar menunggu sampai proses selesai, lama atau tidaknya tergantung besar kapasitas harddisk tadi, semakin besar semakin lama.

* Setelah proses scaning selesai, anda bisa langsung merecovery semuanya atau memilih beberapa data saja. Kalau ingin merecovery beberapa data saja, pilih data tadi kemudian klik next.

* Pilih tempat baru untuk meletakkan data tadi dan klik next.

Saya doakan dari sini semoga datanya bisa kembali semuanya. Jika ada salah-salah kata saya mohon maaf syukur-syukur ada yang ngelurusin. Semoga sedikit atau banyak bisa bermanfaat bagi anda.

download link easyrecovery Profesional : http://w15.easy-share.com/1700176835.html

(tapi filenya gede, kalo ada yang koneksinya tidak begitu bagus, lebih enak sewa di rental)




atau bisA JUGA seperti ini :


Apakah Anda pernah secara tidak sengaja menghapus file Anda, kemudian sudah meng-empty recycle bin? Atau Anda telah mem-format hard disk tapi ingin data Anda kembali? Atau data hilang / rusak karena virus? Atau karena komputer mati atau restart tiba-tiba? Ada cara untuk mengembalikan data yang hilang, yaitu dengan satu software yang sangat lengkap, yaitu Ontrack EasyRecovery Professional. Inilah cara-cara mengembalikan data Anda yang hilang .
Pertama Anda harus download dulu software tersebut, silakan klik di sini untuk download software Ontrack Easy Recovery Professional. Software ini menyediakan sebuah solusi yang sangat komplit sehubungan dengan data yang hilang atau urusan recovery data yang hilang karena:

1. Virus.
2. Sektor yang tidak terbaca
3. Kesalahan aplikasi, system, atau shut down yang tidak normal.
4. Kerusakan pada critical area.
5. Ter-format
6. Penyebab lain yang memungkinkan hilangnya data.

Software ini di-install pada Windows 98 SE, Me, 2000, or XP, dan dapat me-recover data untuk pada semua sistem windows. Software ini memiliki empat feature utama, yaitu:

1. Disk Diagnostics, yaitu tool untuk mengecek kondisi hardisk Anda apakah masih bagus atau tidak.
2. Data Recovery, yaitu tool untuk mengembalikan data / file karena terhapus, terformat, dan sebagainya.
3. Email Repair, yaitu tool untuk mengembalikan data email Outlook Express yang terhapus atau rusak.
4. File Repair, yaitu tool untuk memperbaiki data / file Microsoft Word, Excel, Access, PowerPoint, dan ZIP (winzip) file yang rusak karena virus atau sebab lain.

Tool yang ada dalam Disk Diagnostics ini adalah:

* Data Advisor, untuk membuat disket recovery.
* Drive Tests, untuk mengetes kondisi fisik dari hard disk (disk drive).
* Jumper Viewer, untuk melihat posisi jumper pada hard disk.
* Partition Tests, untuk mengecek kondisi partisi hardisk.
* Size Manager, untuk melihat kapasitas hard disk
* SMART Tests, digunakan untuk mengetes kondisi Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology pada suatu hardisk.


Data atau file yang hilang lebih sulit di-recover jika:

Tool-tool yang ada dalam Data Recovery ini adalah:

* Advanced Recovery, untuk mencari data yang sudah tidak dapat di-recover dengan tool lain, yaitu karena ter-format, ter-partisi, virus, atau hal lain.
* Deleted Recovery, untuk mencari data yang sudah dihapus. Ini adalah tool yang paling sering dipakai penulis.
* Format Recovery, untuk mencari data pada hard disk yang sudah di-format.
* Raw Recovery, untuk mencari file yang hilang berdasarkan signature.
* Resume Recovery, semua proses recovery dapat dihentikan sementara dan dilanjutkan pada lain waktu.
* Emergency Media, untuk membuat disket atau CD yang digunakan untuk me-recover data / file hilang.

3. Email Repair, digunakan untuk mengembalikan data email Outlook dan Outlook Express yang hilang.

1. Anda menambahkan file baru setelah Anda menghapus atau memformat hard disk.
2. Anda menggunakan FAT32 dalam Windows XP.

Demikian cara mengembalikan data yang hilang dengan software EasyRecovery Professional. Semoga data Anda bisa diselamatkan.

0 komentar: